Posted by Bagus Pandega On 11.37

Pemenang Bandung Contemporary Art Awards #2

Pemenang Bandung Contemporary Art Awards #2
Yusuf Ismail juara ajang kedua Bandung Contemporary Art Awards (BaCAA) yang berjudul Eat Like Andy. Tempo/ANWAR SISWADI .
TEMPO.COBandung - Ajang kedua Bandung Contemporary Art Awards (BaCAA) tahun ini memunculkan empat kampiun. Dewan juri mengumumkannya di Lawangwangi Art & Science Estate, Bandung, Sabtu malam, 25 Maret 2012. Juara utama ditetapkan untuk video seni karya Yusuf Ismail berjudul Eat Like Andy.

Dalam video itu, lulusan studio patung Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB berusia 30 tahun ini berusaha meniru persis seniman Andy Warhol yang sedang makan hamburger. Selain mempersoalkan peniruan, Yusuf mempertanyakan tentang keaslian suatu karya. “Hal itu tidak ada lagi,” katanya.

Penghargaan utama untuk karya video kali ini mengulang keputusan dewan juri yang sama seperti tahun lalu. Salah seorang juri, Syakieb A. Sungkar, mengatakan dewan juri lebih tertarik pada karya-karya media alternatif, seperti video atau fotografi yang punya daya pukau.

“Kita sudah jenuh dengan media dua dimensi yang biasa-biasa saja,” ujarnya kepada Tempo di sela-sela pengumuman juara. Selain itu, kata kolektor seni ini, kecenderungan pasar dunia sekarang lebih ke media alternatif selain lukisan atau patung.

Pemenang lainnya di antaranya Eddy Susanto untuk lukisan uniknya berjudul Java of Durer. Pelukis asal Yogyakarta itu menggambar figur-figur dalam karyanya dengan teks asli Babad Tanah Jawi dan memakai huruf hanacaraka.

Bagus Pandega, lulusan Seni Patung ITB, juga menang lewat karya instalasi berjudul Autism Spectrum. Ia mengangkat persoalan teknologi yang melenakan hingga orang malas bergaul.

Pemenang terakhir yang juga dari jurusan Patung ITB, Octora Chan, menghasilkan karya berupa boneka. Berjudul Laura in Paradise, konsepnya tentang permainan peran manusia dan keterasingan hubungan dirinya sendiri.

Pengirim karya Bandung Contemporary Art Awards kedua ini hampir sama seperti sebelumnya, yaitu 478 karya. Proses seleksi bertahap sejak tahun lalu dilakukan dewan juri yang terdiri dari Mella Jaarsma, Agus Suwage, Rifky Effendy, Syakieb A. Sungkar, Carla Bianpoen, Wiyu Wahono, dan Hendro Wiyanto.

Karya para finalis yang berjumlah total 25 seniman akan dipamerkan di Galeri Lawangwangi mulai 31 Maret hingga 15 April 2012.

ANWAR SISWADI


http://www.tempo.co/read/news/2012/03/25/114392323/Pemenang-Bandung-Contemporary-Art-Awards-2

0 Responses to ' '

Posting Komentar


About Me

I'm a young emerging artist interested in sounds, lights, and kinetics work to be applied in my artworks.

Contact me:

baguspandega[at]gmail.com
follow me on twitter and instagram
@baguspandega

Label

Archive